Trik Rahasia Bermain PES 2013 / 2016 Selalu Menang Update Terbaru





Game yang satu ini adalah salah satu game terfavorit, Banyak sekali Penggemar Game PES di kalangan Penggemar Game Sepak Bola, pada sekarang ini para pemain PES lebih menyukai untuk bermain PES 2013 update terbaru dibandingkan dengan PES 2016 update terbarunya. Mereka berpendapat bahwa Game Play dari Game PES 2013 lebih seru dan menyenangkan untuk dimainkan, dan tampilannya juga lebih mudah untuk dimainkan oleh para pemain Game PES.



Tetapi … apakah sobat sudah merasa jago dalam permainan PES ? atau masih merasa kurang sesuatu atau bahkan selalu kalah saat bermain PES ? maka dari itu ane akan meng share beberapa tips dan triks Rahasia Bermain PES 2013 / 2016 Selalu Menang Update Terbaru untuk membantu anda agar tambah menguasai sklill dan kelincahan dalam bermain PES 2013 ataupun PES 2016. Penasaran dengan triknya ? simak artikel dibawah ini.

Trik Defensive atau bertahan dalam PES 2013 - 2016 :


  • Sobat tekan X + L 2, ini akan berguna untuk melakukan Pressing/menekan lawan.
  • Tekan X + R 2 + L 2 secara bersamaan, ini berfungsi untuk membayangi dan menutupi pergerakan lawan.
  • Tekan X + R 2 secara bersamaan, hal ini akan membayangi pergerakan lawan ketika lawan sedang menguasai bola.

Trik Dribble atau Menggiring Bola dalam PES 2013-2016 :

  • Heel Chop : Tahan tombol L 2 lalu sobat arahkan analog ke arah kanan dan arah kiri ke atas, lakukan secara bersamaan.
  • Ball Roll II : Tahan L 2 lalu sobat arahkan analog ke arah kanan ke bawah lalu ke atas.
  • Ball Roll I : Tahan L 2 lalu sobat arahkan analog ke arah kanan ke bawah.
  • Front Flick : Tahan L 2, lalu arahkan analog ke arah kanan dan juga analog sebelah kiri arahkan ke kiri atas.
  • Rainbow Flick : Tahan L 2 lalu tekan analog sebelah kanan dua kali.
  • Diagona Bounce : Tahan tombol L 2 lalu arahkan analog sebelah kanan ke kiri dan juga analog sebelah kiri ke kanan atas.
  • Backheel Feint : Tahan L 2 lalu sobat putarkan analog sebelah kanan ¼ lingkaran dari arah kiri hingga ke atas dan juga analog sebelah kiri arahkan kebawah.

Trik Penalty Kick di PES 2013 - 2016.

Pada posisi penalty sobat hanya menekan tombol kotak dan langsung sobat lepaskan, jika sobat menekan tombol terlalu lama maka yang terjadi bola akan melenceng jauh ke luar gawang. Setelah itu tunggu sampai pemain berlari mendekati bola lalu sobat tekan tombol navigasi kearah mana saja yang sobat inginkan, tahan arah hingga pemain selelsai meng eksekusi atau menendang bola.

Trik Free Kick atau tendangan bebas di PES 2013 - 2016.

  • Arahkan pemain sobat ke pojok jauh ke tiang gawang dari kipper.
  • Tahan tombol navigasi ke bawah.
  • Lalu tekan tombol kotak sampai melewati setengah dari graphic power atau sekitar 60%.
  • Setelah sobat selasai melakukan itu segera mungkin sobat lepaskan tombol arah lalu langsung tekan X + arah kanan atau arah kiri, tergantung berada dimanakah posisi tiang gawang dari kipper.

Trik Crossing Atau Umpan Silang Di PES 2013 - 2016.

  • Tekan tombol bulat, ini akan berguna untuk memberikan umpan lambung yang tinggi.
  • Tekan tombol bulat + bulat + bulat, trik ini akan memberikan umpan datar yang cepat.
  • Tekan tombol bulat + bulat, ini akan memberikan umpan lambung menengah.

Selain tips dan trik di atas masih ada rahasia – rahasia lain yang perlu sobat tau lebih jauh, simak artikel dibawah ini.

1. Fungsi Rahasia Tombol R2 Di PES 2013 - 2016.

 Trik selanjutnya adalah rahasia dari tombol R2 dari PES 2014. Dalam mengintrol bola di PES 2014 memang tergolong cukup sulit sobat, maka dari itu R2 disini adalah fungsi yang begitu penting. Tombol R2 disini bisa untuk menahan bola dan juga berfungsi untuk memperkuat body balance saat sobar berduel dengan pemain musuh. Selain dari itu, fungsi dari tombol R2 ini jika sobat mengkombinasikan dengan tombol lainnya maka akan menghasilkan suatu teknik, seperti saat melakukan Shoot ke gawang lawan.

 2. Rahasia Mengaplikasikan Teknik Umpan One - Two di PES 2013 – 2016.

Jika sobat inginmelakukan teknik yang satu ini memang agak sefikit berbeda dengan versi yang sebelumnya, sobat tidak hanya cukup menekan tombol L1 dan X saja, jika seperti itu akan membuat pemain sobat hanya berlari lurus walaupun meski banyak pemain musuh yang menghadang. Gunakanlah analog sebelah kanan untuk mengatur arah yang akan dituju oleh pemain. Pertama kali tekan tombol L1 dan X, lalu saat bola mengglinding tekan L1 dan arahkan tombol analog sebelah kanan ke arah yang sobat tuju.

 3. Rahasia Mengoptimalkan Analog Sebelah Kanan Di PES 2013-2016.

Trik PES 2014 selanjutnya adalah mengoptimalkan tombol dari analog sebelah kanan akan menjadi sangat penting. Sobat dapat merebut bola dengan melakukan duel body balance dengan menekan R1 di barengi dengan menggerakan tombol analog sebelah kanan kearah pemain musuh untuk memberikan kontak fisik. Selain itu sobat juga bisa menambah kekuatan penjagaan tim sobat, jika musuh melakukan tekanan yang ketat dilakukan untuk merebut bola.

 4. Rahasia Melakukan Teknik Shooting dalam PES 2013-2016.

 Jika dalam metode yang cepat, dan ingin melakukan teknik Shooting maka akan sangat tergantung pada keahlian sobat. Maka dari itu jika ingin melakukan Shooting ke gawang musuh, setelah itu segera mungkin sobat menekan segitiga agar pemain sobat segera menendang bola. Jika sobat tidak melakukan hal tersebut maka yang terjadi adalah pemain sobat akan membutuhkan sepersekian detik untuk melakukan tendangan, dan waktu sepersekian detik tersebut bisa saja sobat memberikan waktu untuk menghadang tandangan sobat, dan akhirnya sobat gagal untuk melakukan Shooting ke gawang lawan. Teknik Shooting ini bisa di lakukan pada luar penalty atau sobat dalam posisi satu lawan satu dengan penjaga gawang musuh.

5. Rahasia Memenangkan di Duel Udara Dalam PES 2013 – 2016.

Saat menerima bola di udara, terkadang memang sangat sulit untuk memenangkan duel di udara, dan jika sobat ingin sekali memenang kan duel di udara tekan timbol X saat bola dalam posisi masih berada diudara dan belum sampai ke pemain dibarengi dengan menekan R2. Sedangkan jika sobat ingin melakukan Heading langsung menuju ke gawang musuh, tekan kotak saat bola masih diudara, lalu tekan tombol segitiga saat bola udah sampe di kepala pemain, teknik ini juga akan efektiif untuk menghadapi duel diudara dari arah tendangan sudut.

6. Trik Melakukan Strategi Supersub Di PES 2013 – 2016.

Di dalam Game PES 2014 , pemain yang sudah kehabisan tenaga sangat mempengaruhi permainannya di lapangan. Misalkan jika merebut bola dan tidak akurat hingga salah posisi dalam menerima umpan. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk sobat jika sobat bisa memanfaatkannya dengan baik, yang perlu sobat lakukan adalah menyimpan cadangan pemain yang memiliki tingkat kecepatan yang tinggi. Pemain ini bisa menjadi Supersub dan memainkan pemain cadangan ini di waktu menit – menit ke 70 ke atas. Dengan memanfaatkan kondisi pemain lawan yang sudah mulai kelelahan, sang Supersub ini akan lebih memberikan keuntungan dalam tugasnya mencetak gold dan akan memberikan pebedaan yang signifikan di saat – saat terakhir pertandingan.

7. Trik Membangun Serangan di PES 2013 – 2016.

Kunci dalam permainan ini adalah lini tengah. Jika lini tengah dan juga sayap bisa anda kuasai dengan terus memainkan bola dan terus memberikan umpan ke striker, maka tinggal menunggu saja untuk terjadinya gol. Hindari serangan langsung sporadis menuju jantung pertahanan musuh saat dalam posisi yang tertinggal. Hal ini akan menguntungkan pertahanan lawanyang hanya akan dengan mudah membaca serangan yang akan sobat luncurkan selanjutnya dan juga akan melancarkan serangan balasan dan akhirnya juga memberikan celah kepada musuh untuk menciptakan gol. Solusi yang terbaik untuk sobat adalah tetap menunggu dan mencari celah untuk menciptakan peluang yang lebih matang.

8. Rahasia Situasi One On one di PES 2013 – 2016.

Situasi dimana tinggal pemain Striker dan kipper lawan akan lebih besar kemungkinan dalam menciptakan sebuah gol. Yang perlu sobat lakukan adalah arahkan bola ke tiang jauh atau dimana kipper lawan sulit untuk menjangkau bola, dan akan besar kemungkinan untuk mencetak gol.

9. Trik Sistem Bertahan Di PES 2013 – 2016.

Jangan membiasakan diri sobat untuk mengandalkan R1 dan X atau R2 dan X saja untuk merebut bola dari lawan atau bertahan. Yang perlu anda coba adalah gunakan tombol R1 dan kotak di barengi dengan mengarahkan pemain sobat secara manual untuk melakukan Pressing ke pemain lawan. Hal ini akan membuat musuh menjadi lengah dan akan melakukan umpan secara terburu – buru.

TIPS DAN TRIKS TAMBAHAN DALAM PES 2013 – 2016.

Back Skill :

  • tekan L2 kemudian tekan analog sebelah kanan ( R3 ) dua kali One Two sambil berlari tekan L1 + X.
  • Sebelum sobat menerima bola tekan tombol segitiga sambil berlari tekan L1 + X.
  • Sebelum sobat menerima bola tekan kotak dan bola agak diangakat.
  • Untuk mengelabui musuh tekan tombol L1 dua kali.
  • Jika sobat ingin menghindar talking, sobat tekan R2.
  • Jika sedang menghindari musuh usahakan sembari menghindar selalu tekan tombol R2 juga sobat kombinasikan degan L2.

Super Cencel :


  • Untuk mengubah default dari arah lari dari pemain tekan tombol R1 bersamaan dengan R2, lalu arahkan pemain sobat ke bola.



  • Agar jumlah penendang menjadi dua caranya adalah, sobat tekan tombol R1 dan juga L1, dan untuk mengoper bola ke penendang ke dua tekan L 1 dan juga X.



  • Jika sobat sedang membawa bola lalu pergerakan pemain sobat dibayang – bayani oleh musuh variasikan untuk selalu R1 dan juga L2, sebaiknya gunakan formasi 4-5-1, 4-3-3, dan juga 4-2-3-1 atau formasi sesuai dengan karakter asli tim.




  • Saya rasa cukup sekian artikel Trik Rahasia Bermain PES 2013 / 2016 Selalu Menang Update Terbaru dan akan ane tambah artikel lainnya pada besok pagi.

    >> Luangkanlah waktu beberapa menit untuk share artikel ini, terimakasih.

    14 Responses to "Trik Rahasia Bermain PES 2013 / 2016 Selalu Menang Update Terbaru"

    1. nice info http://dannigo.blogspot.co.id/

      BalasHapus
    2. nice info gan... sangat membantu banget..
      nambah ahli nih gua kalau main PES tau triknya :D

      BalasHapus
    3. iya gan, biar tambah pd kalo nglawan temen :v

      BalasHapus
    4. kalo ngomongin bola , gue salah satunya.apalagi game PES ini . udah enggak asing di telinga gue.baik di HP atau Laptop , aplikasi ini gue instal. apalagi yg pes 2016 mantep grafiknya.

      Cc : Arjuna Rafi

      BalasHapus
    5. sama gan, sering banget nih ane main game ini ama temen"

      BalasHapus
    6. Bagus nih buat ane yg sering kalah :D

      BalasHapus
    7. Bagus nih buat ane yg sering kalah :D

      BalasHapus
    8. yo'i bang sapri, abis baca ini pasti menang :v

      BalasHapus
    9. wahh, thanks infonya gan
      www.youmustsee1.ga

      BalasHapus
    10. thanks gan infonya,,
      www.youmustsee1.ga

      BalasHapus